KLASIFIKASI HARDWARE PART 1

Klasifikasi dan Pengertian Hardware part 1

26NOV
Saudara-saudari yang saya hormati dan saya cintai, selamat datang kembali di duniaitbylaga. Pada sesi ini saya akan menjelaskan tentang pengertian dan klafikasi perangkat keras pada komputer. Oke tanpa basa basi lagi,let’s learn about Hardware,, 
Hardware komputer memiliki 4 bagian penting yaitu perangkat input data(input device), perangkat pemroses data, Perangkat output data (output device) dan media penyimpanan data. Hardware adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya. Batasan antara hardware dengan software akan membuat kita bingung kalau berbicara tentang firmware. karena frimware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras.(apabila anda ingin mengetahui lebih dalam, silakan ketik firmware sumber dari Wikipedia).
Hardware dikelompokan berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah pengelompokannya :
A.    Perangkat Input Data (Input Data)
Input device adalah perangkat yang berfungsi sebagai penerima input (memasukan data dan perintah) ke dalam komputer, yang mana data tersebut akan diolah. Peralatan perangkat input dapat dikelompokan menjadi perangkat direct input (input langsung) dan indirect input (input tidak langsung). Contoh perangkat input langsung adalah keyboard, mouse, layar sentuh (touch screen), scanner, microphone, dll. Pada perangkat direct input ini, input yang dimasukan langsung diproses oleh alat pemroses. Sedangkan pada perangkat indirect input, input yang dimasukan akan melewati media tertentu sebelum diproses oleh alat pemroses contohnya seperti optical disk(CD,DVD,VCD) dan magnetic disk (disket, hard disk).
input device sumber gambar : members.whro.net
B.     Perangkat Pemroses Data (CPU)
Ada 2 pengertian yang membuat bingung orang-orang awam tentang pengertian CPU dan Processor. Ada yang mengatakan bahwa CPU adalah perangkat keras yang merupakan bagian dari komputer atau casing komputer yang berisi motherboard, power supply, kipas angin, memori, processor, VGA, dan perankat lain yang berada di dalam casing komputer. dan ada juga yang berpendapat bahwa CPU itu adalah Prosessor yang merupakan inti atau otak dari komputer yang berfungsi sebagai pengatur dan pemroses seluruh kerja dan terdiri atas mikroprosesor. Nah, anda tak perlu pusing dengan 2 pengertian tersebut karena keduanya sama-sama benar. Oleh karena itu saya memilih kedua pendapat tersebut. Dan pada artikel ini saya akan membedakan 2 penjelasan tentang CPU(casing) dan CPU (prosessor).
Oke kita lanjutkan, bagian-bagian CPU (casing) terdiri atas:
B.1  Sound card
Sound card merupakan kartu tambahan yang digunakan untuk mengolah suara, baik sebagai input maupun output. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah perangkat wajib di setiap komputer. Dilihat dari cara pemasangannya, sound card dibagi 3:
  • Sound Card Onboard, yaitu sound card yang menempel langsung pada motherboard komputer.
  • Sound Card Offboard, yaitu sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
  • Soundcard External, adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui port eksternal, seperti USB atau FireWire.
sound card sumber gambar : bit-tech.net
B.2  Motherboard
Motherboard (papan induk) merupakan komponen utama dari sebuah komputer, karena motherboard berfungsi sebagai penyatu antara komponen satu dengan yang lainnya dan menghubungkan semua peralatan komputer untuk saling bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah komponen-komponen yang terdapat pada motherboard, yaitu:
  • Konektor power adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.
  • Socket atau Slot Prosesor, Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau popular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix.
  • North bridge controller, yang berfungsi menjembatani arus data di sekitar processor, RAM, FSB, AGP, dan power management.
  • Socket Memori, Juga ada dua tipe socket memori yang kini beredar di masyarakat komputer. Memang ada juga socket terbaru untuk Rambus-DRAM tetapi sampai kini belum banyak pengguna yang memakainya. Socket lama yang masih cukup populer adalah SIMM. Socket ini terdiri dari 72 pin modul. Socket yang kedua memiliki 168 pin modul, yang dirancang satu arah.
  • Konektor Floppy dan IDE, Konektor ini menghubungkan motherboard dengan piranti simpan computer seperti floppy disk atau harddisk. Konektor IDE dalam sebuah motherboard biasanya terdiri dari dua, satu adalah primary IDE dan yang lain adalah secondary IDE. Konektor Primary IDE menghubungkan motherboard dengan primary master drive dan piranti secondary master. Sementara, konektor secondary IDE biasanya disambungkan dengan pirantipiranti untuk slave seperti CDROM dan harddisk slave.
  • card mode 3.3V/1.5V AGP 4X untuk aplikasi grafis 3D.
  • South bridge controller yang berfungsi sebagai mengatur kerja pheriperal. Seperti IDE Controller, PCI, ROM Bios, keyboard, mouse, USB, Eth., LAN, dll.
  • LED ini bertindak sebagai reminder (pengingat) untuk mematikan system power sebelum menghidupkan atau mematikan mesin.
  • PCI slots, Pegembangan slot PCI 2.2 32-bit in9i mensopport bus master PCI cart seperti SCSI atau cart LAN dengan keluaran maksimum 133MB/s.
  • PS/2 Mouse Port, Konektor hijau 6 pin ini adalah untuk mouse.
  • Port Paralel dan Serial, Pada tipe motherboard AT, port serial dan paralel tidak menyatu dalam satu motherboard tetapi disambungkan melalui kabel. Jadi, di motherboard tersedia pin untuk menancapkan kabel. Fungsi port paralel bermacam macam, mulai dari menyambungkan komputer dengan printer, scanner, sampai dengan menghubungkan komputer dengan periferal tertentu yang dirancang menggunakan koneksi port paralel. Port serial biasanya digunakan untuk menyambungkan dengan kabel modem atau mouse. Ada juga piranti lain yang bisa dicolokkan ke port serial. Dalam motherboard tipe ATX, port paralel dan serial sudah terintegrasi dalam motherboard.
  • RJ-45 Port, Port 25-pin ini menghubungkan konektor LAN melalui sebuah pusat network.
  • Line in jack, Jack line in (biru muda) menghubungkan ke tape player atau sumber audio lainnya. Pada mode 6-channel, fungsi jack ini menjadi bass/tengah.
  • Line out jack, jack line out (lime) ini menghubungkan ke headphone atau speaker. Pada mode 6-channel, funsi jack ini menjadi speaker out depan.
  • Microphone jack, jack mic (pink) ini meghubungkan ke mikrofon. Pada mode 6-channel funsi jack ini rear speaker out belakang.
  • USB 2.0 port 1 dan port 2, Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
  • USB 2.0 port 3 dan port 4, Kedudukan port USB (universal serial bus) 4-pin ini disediakan untuk menghubungkan dengan perangkat USB 2.0.
  • Video Graphics Adapter(VGA) Port, Port 15-pin ini adalah untuk memasang VGA card atau VGA perangkat lain yang kompatibel.
  • Konektor keyboard, Ada dua tipe konektor yang menghubungkan motherboard dengan keyboard. Satu adalah konektor serial, sedangkan satu lagi adalah konektor PS/2. Konektor serial atau tipe AT berbentuk bulat, lebih besar dari yang model PS/2, dengan lubang pin sebanyak 5 buah. Sementara, konektor PS/2 memiliki lubang pin 6 buah dan diameternya lebih kecil separuhnya dibanding model konektor serial.
  • Batere CMOS, Batere ini berfungsi untuk memberi tenaga pada motherboard dalam mengenali konfigurasi yang terpasang, ketika ia tidak/belum mendapatkan daya dari power supply.
motherboard sumber gambar : andreoutsider24.blogspot.com
B.3  VGA (Video Graphics Adapter) Card,
Digunakan untuk menghubungkan motherboard dengan monitor, TV, video, LCD, atau camcorder. VGA card diperlukan untuk mengolah display atau tampilan yang akan di output ke monitor. VGA card sangat penting terutama bagi para Gamer’s karena menentukan kualitas gambar animasi dan 3D sehingga gambar yang diperoleh lebih tajam dan halus. Sekarang ini jenis VGA card terbaik adalah ATI RADEON dan NVIDIA GeForce. Dan silakan klik “10 peringkat VGA card terbaik di tahun 2011” hanya sekedar info.
VGA card sumber gambar : madshrimps.be

Sumber : 
https://duniaitbylaga.wordpress.com/2011/11/26/klasifikasi-dan-pengertian-hardware-part-1/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SOFTWARE

CIRI - CIRI KOMPUTER DARI GENERASI PERTAMA SAMPAI SAAT INI

UNIT MASUKAN DAN KELUARAN (I/O DEVICE)